Terdiri beberapa kapasitas beban dan faktor beban, sebagai berikut
Beban Lateral
Di desain dengan menghitung Beban Lateral baik akibat Beban Lateral Tanah dan Beban Lateral Kendaraan, dengan Gandar 22.5 ton (225 kN) dengan jarak antara Roda Kendaraan dan dinding structural U-Ditch adalah 0.5 m.
Beban Vertikal
Beban saat konstruksi berupa Vibro Roller dianggap sebagai beban ekstra. U-Ditch Standard dipasang setelah pekerjaan struktur sub-base dan base badan jalan selesai. Jika pekerjaan mengharuskan pemasangan U-Ditch terlebih dahulu, maka temporary support harus dipasang saat pekerjaan struktur badan jalan. Beban Vertikal meliputi beban mati dan beban hidup.
Beban mati adalah berat tanah, berat sendiri dan berat struktur perkerasan jalan. Beban hidup adalah beban kendaraan sesuai dengan peraturan SNI T-02-2005 adalah beban gandar 22.5 Ton (225 kN). Untuk tipe Light Duty beban kendaraan yang diambil adalah Gandar 8 Ton, yang termasuk dalam kategori ini adalah kendaraan kecil, bus dan truk ringan.
Faktor Beban
Faktor beban sesuai dengan SNI peraturan perencanaan struktur yaitu 1.2 untuk faktor beban mati dan 1.6 untuk faktor beban hidup. Proses pabrikasi Produk Beton Precast (U-Ditch, Cover, Box Culvert) mulai dari penerimaan bahan baku sampai dengan pengiriman produk jadi. Dilakukan secara terencana dan terkontrol, dengan difasilitasi peralatan yang memenuhi persyaratan dan dilakukan oleh personil yang memahami pekerjaan beton dan telah mempunyai bukti pengalaman dalam pabrikasi beton Precast.